A. Definisi Limbah

Pertama-tama apakah kalian pernah mendengar kata limbah?? mungkin kamu pernah mendengar kata-kata limbah tersebut ditelevisi, koran, buku, ataupun lainnya...Pernahkah kalian melihat bentuk limbah? pasti
pernah tetapi mungkin kalian masih bingung limbah itu seperti apa sih?bentuknya bulat kah?persegi?atau tidak beraturan. Supaya kalian tidak bingung lagi ketika mendengar kata limbah berikut ini kita akan membahas limbah



Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Dimana masyarakat bermukim, disanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water). (http://id.wikipedia.org/wiki/Limbah)

Limbah didefinisikan sebagai sisa atau buangan dari suatu usaha dan/atau kegiatan manusia. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia.( http://ambhen.wordpress.com/2012/04/27/limbah/)
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 18/1999 Jo.PP 85/1999, limbah didefinisikan sebagai sisa atau buangan dari suatu usaha dan/atau kegiatan manusia. Limbah adalah bahan buangan tidak terpakai yang berdampak negatif terhadap masyarakat jika tidak dikelola dengan baik. Air limbah industri maupun rumah tangga (domestik) apabila tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

B. Pengelompokan Limbah

  1. Pengelompokan Berdasarkan Jenis Senyawa
  a. Limbah Organik     
Jika kita mendengar kata limbah organik, berarti terdiri dari dua suku kata yaitu Limbah dan Organ, mari kita artikan masing-masing kata tersebut.
Limbah : Sisa atau Buangan  , Organ   : kelompok jaringan yang melakukan beberapa fungsi (Mahluk Hidup) Mari kita gabungkan dari pengertian-pengertian tersebut, Limbah Organik adalah limbah yang merupakan sisa atau bungan mahluk hidup mencangkup tumbuhan dan hewan. Itu merupakan salah satu pengertian limbah organik, selain itu ada beberapa defini tentang limbah organik dibwah ini :



Sampah Organik (sampah sayuran, duan kering dll
Limbah organik memiliki defenisi berbeda yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan tujuan penggolongannya. Berdasarkan pengertian secara kimiawi limbah organik merupakan segala limbah yang mengandung unsure karbon (C), sehingga meliputi limbah dari mahluk hidup (misalnya kotoran hewan dan manusia, sisa makanan, dan sisa-sisa tumbuhan mati), kertas, plastic, dan karet. Namun, secara teknis sebagian besar orang mendefinisikan limbah organic sebagai limbah yang hanya berasal dari mahluk hidup (alami) dan sifatnya mudah busuk. Artinya, bahan-bahan organic alami namun sulit membusuk/terurai, seperti kertas, dan bahan organic sintetik (buatan) yang juga sulit membusuk/terurai, seperti plastik dan karet, tidak termasuk dalam limbah organic. Hal ini berlaku terutama ketika orang memisahkan limbah padat (sampah) di tempat pembuangan sampah untuk keperluan pengolahan limbah.
Limbah organik yang berasal dari mahluk hidup mudah membusuk karena pada mahluk hidup terdapat unsure karbon (C) dalam bentuk gula (karbohidrat) yang rantai kimianya relative sederhana sehingga dapat dijadikan sumber nutrisi bagi mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur. Hasil pembusukan limbah organic oleh mikroorganisme sebagian besar adalah berupa gas metan (CH4) yang juga dapat menimbulkan permasalahan lingkungan.                                                                                        b. Limbah Anorganik 
Jika kita mendengar kata limbah organik, berarti terdiri dari dua suku kata yaitu Limbah dan Anorganik, mari kita artikan masing-masing kata tersebut. Limbah      : Sisa atau Buangan, Anorgan   : Tidak berasal dari kelompok jaringan yang melakukan beberapa fungsi (Mahluk Hidup) Mari kita gabungkan dari pengertian-pengertian tersebut, Limbah Anorganik adalah limbah yang bukan merupakan sisa atau bungan mahluk hidup mencangkup tumbuhan dan hewan. Itu merupakan salah satu pengertian limbah organik, selain itu ada beberapa defini tentang limbah organik dibwah ini :
Limbah Anorganik (Plastik, kaleng, karet dll)
 Berdasarkan pengertian secara kimiawi, limbah organik meliputi limbah-limbah yang tidak mengandung unsur karbon, seperti logam (misalnya besi dari mobil bekas atau perkakas, dan aluminium dari kaleng bekas atau peralatan rumah tangga), kaca, dan pupuk anorganik (misalnya yang mengandung unsur nitrogen dan fosfor). Limbah-limbah ini tidak memiliki unsur karbon sehingga tidak dapat diurai oleh mikroorganisme. Seperti halnya limbah organik, pengertian limbah organik yang sering diterapkan di lapangan umumnya limbah anorganik dalam bentuk padat (sampah). Agak sedikit berbeda dengan pengertian di atas secara teknis, limbah anorganik didefinisikan sebagai segala limbah yang tidak dapat atau sulit terurai/busuk secara alami oleh mikroorganisme pengurai. Dalam hal ini, bahan organik seperti plastic, kertas, dan karet juga dikelompokkan sebagai limbah anorganik. Bahan-bahan tersebut sulit diurai oleh mikroorganisme sebab unsur karbonnya membentuk rantai kimia yang kompleks dan panjang (polimer).